17 Juni 2009

SYARIAHPRENEUR

Ratio entrepreneur terhadap penduduk sebuah negara yang ideal adalah 2%. Indonesia katanya baru memiliki ratio 0,18 dan karena itu ekonomi kita jauh tertinggal dari kebanyakan negara di dunia. Karena itu pada saat ini, banyak usaha yang dilakukan usaha menumbuhkan entrepreneurship di negeri ini.
Dalam rangka pembentukan entrepreneurship ini, harus jelas, enterepreneur seperti apa yang akan kita hasilkan.
Orang muslim percaya bahwa manusia ditugaskan Allah menjadi khalifatullah fil ard dengan tugas memelihara harta Allah yang ada di bumi dan yang ada di langit dan memanfaatkan untuk sebesar besarnya kesejahteraan alam semesta, dimana manusia terdapat didalamnya.
Sebagai khalifah, manusia dalam melaksanakan tugasnya tidak dapat lepas dari sifat sifat Allah yang diwakilinya sebut saja beberapa seperti penuh cinta dan kasih sayang, adil, memberi problem solving, dimana sebagai seorang muslim tahu betul kebesaran Allah yang diwakilinya di bumi ini.
Seorang enterpreneur dituntut mengerti lebih dalam tentang kekhalifaan ini, ketimbang orang awam..
Seorang yang memilih menjadi entrepreneur otomatis akan melaksanakan syariahpreneur yaitu kewirausahaan yang bersumber dari Al Quran dan Sunnah karena dia adalah seorang khalifah.
Syariahpreneur adalah kewirausahaan yang dilandasi tauhid, khilafah dan keadilan dalam pelaksanaannya. Seorang syariahpreneur bertugas memberi jawaban terhadap problem manusia. Makin banyak manusia yang terlbat dalam problem yang ditanggulangi, makin besar karya dari sang syariahpreneur, dan makin besar reward yang dia terima baik di dunia maupun di akhirat.
Karena begitu besar dan luas tugas yang dibebankan Allah kepadanya, seorang syariahpreneur harus berani, artinya tidak ada yang ditakuti kecuali Allah, harus cerdas, harus mampu menata urutan prioritas, mampu berlaku adil, kepada Allah, kepada alam, kepada manusia dan kepada dirinya sendiri, mampu membuat keputusan yang cepat dan tepat. Semuanya dijalankan dengan penuh kasih sayang dengan keteguhan hati karena percaya bahwa Allah selalu bersamanya.
Karena besar dan luasnya tantangan, seorang syariahpreneur akan mudah memilih bidang yang akan dia geluti sesuai dengan kemampuannya. Begitu kemampuannya meningkat, tantangannyapun dapat ditingkatkan dan seterusnya.

Tidak ada komentar: